Menu

Dark Mode
Keputusan Halaqoh Kebangsaan dan Ijma’ Ulama Jawa Timur dan Jawa Tengah untuk Perubahan Indonesia Tentang Keharusan Memilih Pasangan Capres-Cawapres AMIN Berdasarkan Dalil Syar’i di Pondok Pesantren MUS Sarang Rembang Makna Jihad Membela Tanah Air di Era 5.0 MERAPATKAN BARISAN UNTUK PEMENANGAN AMIN DALAM PERSPEKTIF SYAR’I HUKUM MENYINGKAT KALIMAT THOYYIBAH! Meredam Fanatik ; Menguatkan Persatuan Dalam Pesta Politik. MENYAMBUT TAHUN POLITIK: HINDARI KONFLIK, PAKAI EMPATIK Setelah Komunisme,Masih Ada Kapitalisme Yang Perlu Dilawan! Malam Penuh Cinta Kepada Baginda Nabi Muhammad Saw. MENGKAJI FIKIH DALAM PEMBERONTAKAN G30SPKI Sudahkah Kita Cinta Kepada Rasulullah? MEWASPADAI KEBANGKITAN PARTAI KOMUNIS INDONESIA SEJARAH PKI PECI PUTIH; NUANSA BARU DALAM JAMA’AH MAKTUBAH Menyorot Fenomena Paham Islam-Kiri di Indonesia: Konvergensi atau Paradoks? KEBOHONGAN CITA-CITA MARXISME PRINSIP PENGELOLAAN HAK KEPEMILIKAN INDIVIDU DALAM ISLAM ; Menolak Tawaran Komunisme dalam Melawan Kapitalisme Kerusakan Ideologi Marxisme Perspektif Teologi Islam JEJAK HITAM PKI DARI IDELOGI KOMUNIS HINGGA SEJARAH KEJAHATAN DAN PENGIANATAN G30S Ku Putuskan Untuk …. Knock Out Rebahan ; Bangkit Sambut Masa Depan Ny. Hj. Chalimah Abdurrochim : Ibunda Hebat Di Balik Pengasuh PP. MUS Sarang BELA NEGARA INDONESIA MENURUT PANDANGAN ISLAM Menjawab Tuduhan Bid’ah Berdoa di Akhir dan di Awal tahun Esensi Sholawat Nabi Tragedi Kelam dan Dampaknya bagi Sejarah Indonesia Ma’lumat Bagi Santri dan Alumni PP. MUS Sarang Tentang Tesis KH. Imaduddin & Berita HOAX “Santri PP. MUS Sarang Dipecat berkaitan dengan tesis KH. Imaduddin” Maulid Nabi: Tidak Semua Kemutakhiran adalah Bidah Menyingkap Kehadiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallama Saat Perayaan Maulid

Artikel

Menerjemah Awal dari Semua

badge-check

APAKAH MENERJEMAH ITU?

Menerjemah, itulah awal dari pengalaman menulis saya yang “resmi” sebagaimana yang telah saya ceritakan di atas. Bagi seseorang seperti saya yang termasuk kategori penulis “bau kencur”, menerjemah merupakan langkah awal yang “pas” dengan kondisi “pas-pasan” saya. Diakui atau tidak, para penulis pemula pasti sering mengalami kekurangan ide atau topik yang akan ditulis, bahkan mungkin tidak punya ide sama sekali (blank). Kendala itulah yang acap kali menghalangi dan mengurangi semangat mereka untuk mewujudkan keinginan menulis. Hal ini saya rasakan sendiri. Dan menurut saya, menerjemah adalah jalan keluarnya. Lantas apakah menerjemah itu? Menerjemah menurut bahasa adalah tafsir (Lihat: Loius Ma`luf, al-Munjid fil-Lughât wal-A`lâm, Beirut: Dâr al-Masyriq, 1986. hlm. 60).

Sedangkan menurut istilah, menerjemah adalah memindahkan atau menyalin gagasan, ide, pikiran, pesan atau informasi lainnya dari satu bahasa ke dalam bahasa lain. Hal ini harus dilakukan dengan cara sedekat dan sehalus mungkin, baik pengertian atau makna maupun gaya yang digunakan oleh bahasa aslinya, sebagaimana penjelasan Eugne A. Nida dan Charles R. Taber yang dikutip oleh Paulinus Soge dalam buku “Menerjemahkan Teks Bahasa Inggris Ilmiah; Teori dan Praktek” (Yogyakarta: Universitas Atmajaya, 1996, hlm. 5).


Dari definisi atas, dapat disimpulkan bahwa menerjemahkan secara umum adalah memindahkan gagasan, ide atau pikiran dalam suatu bahasa ke dalam bahasa lain. Bahasa pertama disebut bahasa sumber atau bahasa asli (source language/ al-lughah al-manqûl minha/ lughatul-matn) dan bahasa kedua disebut bahasa target atau bahasa sasaran (target language/ al-lughah al-manqûl ilaiha/ lughatusy-syarh).


Secara lebih khusus, Muhammad Najib, dalam Ususut-Tarjamah menegaskan bahwa tarjamah adalah tafsir. Ungkapan ini menyugestikan bahwa seorang penerjemah adalah seorang penafsir. Karena itu, penerjemah adalah orang yang bertanggung jawab untuk memahami suatu teks dalam bahasa asal (bahasa sumber) sekaligus menyuguhkannya kepada pembaca yang menggunakan bahasa sasaran. Jadi, tugas penerjemah adalah memahami sekaligus memahamkan. Penerjemah yang tidak mampu memahami teks bahasa asal, berarti telah gagal sebelum melangkah. Dia hanya akan menyuguhkan karya terjemahan yang jelek, salah atau tidak menolong, kalau bukan malah membingungkan pembaca. Dengan demikian, bekal minimal seorang penerjemah adalah pengetahuan mengenai kedua bahasa (bahasa sumber dan bahasa target), yang berupa mufradât (kosakata) istilah-istilah, frasa, gramatika, budaya pemakai kedua bahasa, karena bahasa adalah ekspresi kebudayaan dan lain-lain.

Menerjemah adalah kegiatan ilmiah, bukan aktivitas yang remeh, karena menerjemah adalah pekerjaan yang melibatkan sekumpulan teori (ilmu) dan seni. Bahkan menerjemahkan adalah keterampilan yang melibatkan lebih banyak seni daripada upaya dan teori. Dinyatakan Paulinus Soge yang mengutip David P. Harris, penerjemahan sangat bergantung pada rasa kebahasaan seseorang. Dan rasa bahasa ini berbeda pada satu individu dengan individu lainnya. Namun demikian, kita tidak dibenarkan menafikan upaya, latihan dan teori-teori tentang menerjemahkan. Sebab betapapun kuat dan baiknya bakat dan rasa bahasa seseorang, jika tidak dibarengi dengan latihan praktik yang terus-menerus dan berkelanjutan, dan teori (meski tanpa disadari), maka sulit kita bayangkan dia akan menjadi penerjemah yang baik.

PENTINGNYA MENERJEMAHKAN

Jepang, yang bangga disebut translation empire (kaisar terjemah), Taiwan, Korea dan sejumlah negara Eropa untuk kasus modern, dan bangsa Arab-Islam pada masa-masa awal dan pada abad-abad pertengahan, adalah contoh konkret bagaimana suatu bangsa mencoba menjadi maju dengan memperkaya bahasa mereka melalui gerakan penerjemahan bahasa-bahasa asing ke dalam bahasa mereka seindiri.


Itulah salah satu tujuan mengapa kita perlu menerjemahkan karya-karya bangsa lain yang telah dianggap lebih maju daripada kita, baik dalam bidang ilmu, pengetahuan, kebudayaan, teknologi maupun seni. Atau dengan kata lain, penerjemahan juga dimaksudkan untuk mencendekiakan Bahasa Indonesia. Ciri inilah (kecendikiaan Bahasa Indonesia dengan penerjemahan) yang dapat membuat Bahasa Indonesia mampu bertahan menghadapi persaingan dengan Bahasa Inggris dan bahasa-bahasa maju lainnya di kalangan orang yang ingin dianggap sebagai terpelajar dan modern.

Tujuan lain mengapa kita perlu menerjemahkan adalah untuk saling menukar informasi atau penemuan baru antara dua (atau lebih) bangsa yang menggunakan bahasa yang berbeda. Tanpa penerjemahan, bangsa yang kurang (apalagi yang belum atau tidak) maju dan menguasai bahasa bangsa lain yang sudah maju akan ditinggal oleh informasi dan kemajuan dunia. Namun, hal ini tidak hanya berlaku bagi bangsa yang sedang atau belum maju saja, tetapi juga bagi mereka yang sudah maju. Karena itu, menerjemahkan bukan berarti keterbelakangan, justru ia adalah bentuk keterbukaan dan kehendak ikut meramaikan dunia dengan saling menukar informasi dan pengetahuan.

Tentu penerjemahan tak dapat dilakukan tanpa penguasaan yang memadai terhadap bahasa asing ( bahasa sumber yang hendak diterjemahkan). Kemampuan dan penguasaan terhadap bahasa asing, Arab misalnya, harus ditingkatkan dan dikembangkan. Karena setiap bangsa dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan bahasa lain dalam segala aspek kehidupan, terutama untuk menyerap informasi dan ilmu pengetahuan, serta teknologi, untuk memperluas cakrawala bangsa sejalan dengan kebutuhan pembangunan. Dengan kata lain, menerjemah dapat pula digunakan sebagai metode atau media untuk mempelajari bahasa asing. Tak diragukan lagi bahwa informasi atau khazanah ilmu-ilmu keislaman dalam berbagai cabang dan disiplin dalam Bahasa Arab itu telah tertulis dalam jutaan judul buku dan kitab, dan semakin hari terjadi pertambahan karya yang semakin cepat. Meski begitu, buku-buku yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia barangkali cuma nol koma sekian persennya saja. Karena itulah, penerjemahan buku-buku berbahasa Arab yang sering diidentikkan dengan buku-buku islami perlu dilakukan dan terus ditingkatkan.

Dewasa ini kita patut bersyukur, karena semakin bisa merasakan maraknya gerakan penerjemahan buku-buku atau teks-teks berbahasa asing, termasuk Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia. Banyak penerbit yang memiliki perhatian cukup besar untuk menerbitkan karya-karya terjemahan dari Bahasa Arab, baik kitab klasik maupun modern. LkiS, Pustaka Pelajar, Risalah Gusti, Pustaka Progessif, Pustaka Amani, Pustaka Firdaus, Mizan, Gema Insani Press, Serambi, Akbar Media, Al-Andalus dan lain-lain, adalah beberapa contohnya. Fakultas Adab IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (kini Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta) bahkan membuka Jurusan Terjemah. Tujuannya jelas, yaitu untuk membekali calon-calon penerjemah dan melahirkan penerjemah yang handal dan profesional. Dari sinilah, kita perlu mengapresiasi program menerjemah kitab yang ditetapkan di pondok kita, yakni program yang dibebankan kepada mahasantri Ma`had `Aly untuk menerjemahkan dan merangkum pengajian kitab Ihyâ` `Ulûmiddîn yang dibaca oleh Syaikhinâ. Sangat tepat sekali program itu ditetapkan, bahkan seharusnya program menerjemah itu perlu diperluas skalanya, seperti diperuntukkan juga kepada siswa MGS dan DKH Putra di pondok ini. Ironis (bahkan memalukan) sekali dua lembaga besar itu kalah cepat dari DKH Banat (karena lembaga ini telah mencetak beberapa buku terjemahan kitab karya mereka sendiri dan ini telah berjalan beberapa tahun yang lalu sampai sekarang). (al-Izz)


Facebook Comments Box


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

Menjawab Tuduhan Bid’ah Berdoa di Akhir dan di Awal tahun

25 June 2025 - 18:24

Esensi Sholawat Nabi

1 October 2024 - 18:53

Tragedi Kelam dan Dampaknya bagi Sejarah Indonesia

30 September 2024 - 18:55

Ma’lumat Bagi Santri dan Alumni PP. MUS Sarang Tentang Tesis KH. Imaduddin & Berita HOAX “Santri PP. MUS Sarang Dipecat berkaitan dengan tesis KH. Imaduddin”

24 September 2024 - 16:44

Maulid Nabi: Tidak Semua Kemutakhiran adalah Bidah

17 September 2024 - 19:27

Trending on Artikel

Discover more from PP. MUS Sarang

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

batmantoto batmantoto situs togel
toto slot
slot88